LAPORAN
AKHIR MATA KULIAH
TEKNIK INFORMASI
Dosen Pengampu : Moenawar
Kholil, S.kom
Di
Susun Oleh ;
NINING SEJATI
1171101275
B SORE
TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
WIDYA DHARMA KLATEN
2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT
yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan Tugas Makalah tentang Hardware Komputer.
Penulis
menyadari sepenuhnya masih banyak terdapat kekurangan dalam penyusunan makalah
ini, baik dari segi isi maupun penulisannya. Untuk itu kritik dan saran dari
semua pihak yang bersifat membangun senantiasa penulis harapkan demi
penyempurnaan makalah ini dimasa yang akan datang.
Pada
kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih atas segala bantuan semua pihak
sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi penulis, pembaca maupun pihak-pihak yang membtuhkan.
Klaten, 19 Juni 2012
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Komputer merupakan
sekumpulan peralatan elektronik yang saling berkaitan antara komponen satu dan
komponen yang lainnya sehingga dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses
data, dan menghasilkan informasi. Periferal adalah perangkat
input/output yang merupakan bagian dari pendukung system. Computer teridiri
dari 4 komponen penunjang utama yaitu perangkat masukan (input device),
perangkat pemrosesan (CPU), perangkat penyimpanan (storage device), dan
perangkat keluaran (output device). Dalam makalah ini akan kami bahas tentang unit
masukan dan keluaran khususnya tentang jenis-jenis, prinsip dan teknik I/O
device serta beberapa jenis media
penyimpanan.
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, yang
menjadi rumusan makalah dalam penulisan makalah ini yaitu apa saja jenis-jenis
unit masukan, prinsip dan tekniknya I/O device
serta apasaja jenis media penyimpanan.
C.
TUJUAN
Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu
untuk menjelaskan tentang jenis-jenis unit masukan, prinsip dan tekniknya I/o
device serta jenis media
penyimpanan.
BAB II
PEMBAHASAN
Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik
yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses)
dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah kontrol program
yang tersimpan di memorinya. Di dalam
sebuah komputer terdapat perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras
adalah peralatan yang berwujud fisik atau peralatan komputer yang dapat dilihat
dan diraba dengan menggunakan indera kita. Perangkat keras (hardware) yang
terdapat dalam sebuah kom puter terdiri dari beberapa bagian, diantaranya :
A. Input Device (Alat Input)
Adalah perangkat keras yang digunakan untuk
meneruskan informasi dan perintah-perintah kita pada komputer. Fungsi dari Input Device
adalah memasukkan data dan program dalam komputer, kemudian menerjemahkan
kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer,
dan mengirimkan data yang sudah berbentuk bit
ke dalam media penyimpanan data.
Beberapa
bentuk fisik dari alat input (alat input);
1.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu
pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan
dan dipatentkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868. Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY. Jumlah tombol pada keyboard ini
berjumlah 104 tuts. Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu
port serial, ps2, usb dan wireless.
a. Fungsi
Keyboard adalah :
1)
Mengetik dan memasukkan data
2)
Membantu membuat tulisan, bentuk gambar dan
menghapus kata
3)
Menggerakkan pointer ( kursor) pada layar monitor
b. Bagian-bagian
dari Keyboard, yaitu :
1)
Tombol fungsi (Function keys)
2)
Tombol huruf, angka dan karakter lain ( Type
writer)
3)
Tombol angka dan tanda baca/operator matematika yang berfungsi sebagai kalkulator (Numeric Keypad)
2. Mouse
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963
oleh Douglas Engelbart berbahan kayu. Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse
ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi,
tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula
yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar
inframerah, maupun bluetooth. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan
tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
a. Menggerakkan/menempatkan
pointer
b. Memberikan
perintah-perintah pada komputer
c.
Mempermudah dalam memberikan persetujuan
d. Mempermudah
dalam memilih pilihan (option)
3. Joystick
Pengguna game akan amat membutuhkan perangkat ini,
karena akan memudahkan mereka melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan
oleh penggunaan keyboard dan mouse. Terdapat banyak Jenis joystick yang dapat digunakan pada pada komputer, termasuk dengan
jenis khusus yang digunakan untuk game balap yang dilengkapi dengan roda kemudi
dan pedal.
Pengguna multimedia juga akan dimanjakan dengan
fasilitas input ini, karena dengan tersedianya microphone yang terintegrasi
dengan sistem komputer dapat mempermudah mereka untuk memberikan beberapa
sentuhan efek bagi musik maupun audio.
Adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk
mengambil gambar dan menampilkannya dalam komputer, gambar dalam hal ini gambar
bergerak. Gambar yang masuk di dalam komputer bisa diolah dan disimpan untuk
kemudian ditampilkan kembali.
Perangkat yang satu ini sangat dikenal oleh
masyarakat umum, kamera juga termasuk media input berupa gambar diam. Dengan
media input ini kita dapat mengambil dan mengolah foto.
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin
gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner
ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin hasil scanner dapat
ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar. Terdapat juga scanner untuk
mendeteksi LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut
Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B.
Piranti
masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepatdan memudahkan
dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke layar
komputer. Digitizer banyak digunakan pada PDA .
Merupakan
perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini miripmouse yang
dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
Yakni alat pengolah dan pemroses data. Pada bagian inilah seluruh data yang diberikan
oleh Input Device diolah dan diteruskan kepada Output Device. Seluruh kerja komputer amat bergantung pada
komponen-komponen pada bagian ini.
Merupakan otak dari komputer, sering disebut
Microprocessor. CPU merupakan perangkat keras komputer yang merupakan informasi
dan melaksanakan intruksi (perintah) data yang digunakan dalam komputer. Di
dalam dunia dikenal dengan nama Pentium 1, Pentium II, Pentium III, Pentium IV,
Dual Core, Core 2 Duo, dan lain-lain.
a. ALU (Aritmathic Logical Unit) berfungsi untuk melakukan semua perhitungan Aritmathic dan Logika.
b. CU (Control
Unit) berfungsi sebagai proses kerja computer, baik proses kerja di dalam
CPU sendiri atau di dalamnya berhubungan dengan input dan output device. Merupakan
komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada
komputer, mulai dari input device sampai output device.
a. Memasukkan
dan mengambil data
b. Melaksanakan
Instruksi-instruksi secara berurutan
c.
Sebagai penghubung antara main storage dan
input/output device
Tugas CPU
a. Merupakan
otak komputer
b. Melakukan
operasi logika
c.
Melakukan operasi aritmathic
d. Mengontrol
kerja sistem
3.
Komponen-komponen CPU antara lain;
a. Casing
Casing merupakan bagian yang terlihat dari luar CPU. Casing adalah
tempat kita meletakkan semua hardware.
b. Motherboard
Motherboard biasa disebut mainboard, papan induk atau papan ibu adalah
komponen terbesar yang terdapat dalam sebuah Process Device. Fungsi motherboard
adalah tempat utama untuk memasang peripheral, misal; processor, memori, sound
card dan VGA Card.
c.
Processor
Processor merupakan otak komputer. Processor berfungsi untuk memproses
semua data yang masuk ke komputer.
d. Memori
1)
RAM merupakan memori yang bersifat sementara waktu
saja. Apabila komputer dimatikan maka data akan hilang.
2)
ROM merupakan bagian dari main memory yang hanya
dapat membaca data saja (read only). ROM sudah diisi oleh pabrik
pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang
diperlukan oleh sistem komputer, seperti perintah untuk membaca sistem
operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit
sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada
aliran listrik.
e.
VGA Card
Berfungsi untuk menghubungkan dan mengolah output berupa
data ke monitor agar dapat ditampilkan oleh monitor. Semakin bagus kualitas VGA
maka gambar yang ditampilkan di monitor akan semakin bagus pula.
berfungsi untuk memproses output berupa suara dan musik yang kemudian
diteruskan kepada speaker.
Power Supply adalah untuk mengatur dan mengantar listrik ke komponen –komponen
penting di komputer. Power supply bertugas menjaga aliran listrik agar tetap stabil.
Adalah singkatan dari Universal Serial Bus,
merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita menghubungkan alat-alat
eksternal dengan komputer.
Adalah peralatan
keluaran hasil dari proses data. Perangkat keras komputer yang digunakan untuk
menampilkan atau menyampaikan informasi hasil pengolahan/pemrosesan data kepada
pengguna komputer melalui perangkat keluaran seperti :
Monitor merupakan perangkat output yang menghasilkan
informasi berupa tampilan gambar. Beberapa Jenis Monitor,
diantaranya :
a. Monitor
Monocrome (warna monitor hanya satu warna bisa orange, hijau maupun
putih).
b. Monitor
CGA (Color Graphic Adapter), yang memiliki 4 sampai 16 warna.
c.
Monitor EGA (Enchanced Graphics Adapter), yang
memiliki 16 sampai 64 warna.
d. Monitor
VGA (Video Graphics Array), memiliki lebih dari 256 warna.
Peralatan keluaran yang menghasilkan data berupa
hasil cetakan dengan kertas sebagai medianya. Cetakan hasil pengolahan dapat
berupa naskah teks, gambar, table dan grafik dengan berbagai pilihan warna
sesuai keinginan kita.
Berdasarkan cara kerjanya jenis printer dibedakan
menjadi 2 bagian, yaitu;
a. Impact
Printer
Jenis printer yang dalamnya menghasilkan suatu
huruf atau gambar memakai ketukan secara fisik/halus.
Impact Printer dibagi menjadi dua macam, yaitu;
1)
Dot matrix adalah printer yang cetaknya berupa
kumpulan titik-titik kecil (persegi) yang membentuk karakter.
2)
Daisy wheel adalah printer yang cetakan hurufnya
menyerupai mesin ketik
Merupakan jenis printer yang didalamnya
menghasilkan suatu huruf, gambar tidak menggunakan ketukan secara fisik, tetapi
dengan menggunakan tinta/toner.
1)
Printer ink jet adalah printer yang mencetak
gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada
kertas.
2) Printer laser adalah printer yang menggunakan sinar laser
untuk mengubah data biner menjadi cetakan. Printer laser
bisa mencetak semua halaman dengan cepat.
Adalah media output yang mencetak dalam ukuran
yang sangat besar, biasanya menggunakan media plastik dan kertas. Hasil
cetakan biasanya digunakan untuk baliho, poster, spanduk.
Speaker adalah alat keluaran yang dapat
menghasilkan atau menampilkan gelombang suara. Speaker dapat berfungsi baik
karena adanya soundcard (kartu suara) dalam CPU komputer.
A. MEDIA PENYIMPANAN
Berikut saya paparkan sedikit tentang Media penyimpanan:
v
Magnetic
Magnetic Tape
Sequential Access
Storage Device (SASD)
Makin jarang digunakan, tapi masih ada dipakai
untuk backup.
Magnetic Disk
Floppy disk (diskette)
Media yang digunakan pada peralatan penyimpan
magnetik dilapisi dengan logam oksida, oksida ini adalah material feromagnetik,
yang berarti jika ini dibiarkan pada bidang yang mengandung magnet secara
permanen akan menjadi magnet
Hard Disk : Penggeraknya
menggunakan motor untuk memutar media pada kecepatan tinggi, dan pengaksesan
informasi menggunakan alat kecil yang dinamakan head
Karakteristik fisik :
•
Bisa terdiri dari sebuah piringan disk →
floppy disk
•
Bisa terdiri dari kumpulan beberapa piringan →
harddisk
•
Dapat diakses secara langsung/ direct
•
Akses dilaksanakan oleh R/W Head yang tersedia pada masing-masing permukaan
piringan
•
Permukaan setiap piringan dibagi “menjadi track” yang merupakan lingkaran
konsentris/ sepusat
•
Permukaan tiap cakram terbuat dari bahan besi yang mudah dimagneti
•
Setiap track dibagi menjadi sektor-sektor/ blok.
•
Sektor/ blok merupakan unit penyimpanan yang dapat dialamati
•
No track yang sama di setiap permukaan piringan apabila “dihubungkan” secara
virtual akan membagi apa yang dikenal sebagai “silinder
v
Optical Disk
Three
basic types of optical discs CD-ROM, CD-R and erasable optical discs, or
CD-RW.
v (Removable)
Solid-state Storage Device
BAB III
PENUTUP
Piranti adalah peripheral atau perangkat .
Piranti I/O adalah piranti(perangkat) yang memiliki
tugas meminta input(masukan) dan menghasilkan data (output). I/O mempunyai fungsi atau peranan sebagai
perantara/penghubung/penerjemah antara user (dunia luar) dengan microprocessor.
Computer teridiri dari 4 komponen penunjang
utama yaitu perangkat masukan (input device), perangkat pemrosesan (CPU),
perangkat penyimpanan (storage device), dan perangkat keluaran (output device).
Demikian
sedikit paparan tentang Hardware Komputer semoga bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
1.
http://jazilun.niam.students-blog.undip.ac.id/2012/05//perangkat-keras-untuk-output-kartu-suara-kartu-video-monitor-speaker-dan-printer
http://www.freewebs.com/smpkstellamaris/GAMBAR%20PERANGKAT%20KERAS.
http://www.freewebs.com/smpkstellamaris/GAMBAR%20PERANGKAT%20KERAS.
2.
(Brian
K.Williams dan Stacey C. Sawyer,Using Information Technology/Pengenalan
Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi,2007)
3.
http://blog.uad.ac.id/kartikaf/files/2012/05/e-i-plotter.ppt.
7.
(
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Informasi )
9.
( blog.re.or.id/definisi-informasi-2)
makasih yaa ?
BalasHapussanagt membantu skali ;)
makasih yah .
BalasHapusakhirnya sangat membantu sekali tugas aku.
bagus makalahnya.
BalasHapusmakasih makalahnya membantu banget buat aku
BalasHapusmakasih makalahnya membantu banget buat aku
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSUATU MAKALAH ADALAH SUATU INFORMASIH YANG SEBABAGAI BAHAN REFERENSI DALAM SETIAP KEHIDUPAN PADA MANUSIA/https://manirmuribomukia@gmail.com
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus