Halaman

Rabu, 20 Juni 2012

Makalah HARDWARE KOMPUTER


LAPORAN AKHIR MATA KULIAH
TEKNIK INFORMASI

Dosen Pengampu : Moenawar Kholil, S.kom





Di Susun Oleh ;
NINING SEJATI
1171101275
B SORE




TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN 
2011


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Makalah tentang Hardware Komputer. 

Penulis menyadari sepenuhnya masih banyak terdapat kekurangan dalam penyusunan makalah ini, baik dari segi isi maupun penulisannya. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun senantiasa penulis harapkan demi penyempurnaan makalah ini dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih atas segala bantuan semua pihak sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis, pembaca maupun pihak-pihak yang membtuhkan.

                                                                                                                                                                                                                                                                                  Klaten, 19 Juni 2012
                                                                                                                                                                                                                                                                                                Penulis

BAB I
PENDAHULUAN

 
A.       LATAR BELAKANG
Komputer merupakan sekumpulan peralatan elektronik yang saling berkaitan antara komponen satu dan komponen yang lainnya sehingga dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi. Periferal adalah perangkat input/output yang merupakan bagian dari pendukung system. Computer teridiri dari 4 komponen penunjang utama yaitu perangkat masukan (input device), perangkat pemrosesan (CPU), perangkat penyimpanan (storage device), dan perangkat keluaran (output device). Dalam makalah ini akan kami bahas tentang unit masukan dan keluaran khususnya tentang jenis-jenis, prinsip dan teknik I/O device serta beberapa jenis media penyimpanan.

B.       RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, yang menjadi rumusan makalah dalam penulisan makalah ini yaitu apa saja jenis-jenis unit masukan, prinsip dan tekniknya I/O device serta apasaja jenis media penyimpanan.

C.       TUJUAN
Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk menjelaskan tentang jenis-jenis unit masukan, prinsip dan tekniknya I/o device serta jenis media penyimpanan.
 
BAB II
PEMBAHASAN
 HARDWARE KOMPUTER
 
Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.  Di dalam sebuah komputer terdapat perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras adalah peralatan yang berwujud fisik atau peralatan komputer yang dapat dilihat dan diraba dengan menggunakan indera kita. Perangkat keras (hardware) yang terdapat dalam sebuah kom puter terdiri dari beberapa bagian, diantaranya  :

A.      Input Device (Alat Input)
Adalah perangkat keras yang digunakan untuk meneruskan informasi dan perintah-perintah kita pada komputer. Fungsi dari  Input Device  adalah memasukkan data dan program dalam komputer, kemudian menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer, dan mengirimkan data yang sudah berbentuk bit  ke dalam media penyimpanan data.

Beberapa  bentuk fisik dari alat input (alat input);
1.        Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868. Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

a.      Fungsi Keyboard adalah :
1)         Mengetik dan memasukkan data
2)       Membantu membuat tulisan, bentuk gambar dan menghapus kata
3)       Menggerakkan pointer ( kursor) pada layar monitor

b.      Bagian-bagian dari Keyboard, yaitu :
1)         Tombol fungsi (Function keys)
2)       Tombol huruf, angka dan karakter lain ( Type writer)
3)       Tombol angka dan tanda baca/operator matematika  yang berfungsi sebagai kalkulator (Numeric Keypad)

2.       Mouse
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu. Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
 Tiga jenis mouse yang telah diproduksi Mouse Mekanise, Mouse Optike, Mouse Optomekanise. Ketika mouse digerakkan terhadap tegak lurus sumbu utamanya, roda satunya lagi akan berputar. Setiap roda menggerakkan resistor variabel (potensioner). Dengan mengukur perubahan-perubahan dalam resistensi, akan dimungkinkan untuk seberapa banyak roda yang telah berputar dan dengan demikian dapat menghitung seberapa jauh mouse telah digerakkan dalam masing-masing arah.
 Jenis mouse kedua adalah Mouse Optik, jenis ini tidak mempunyai roda atau bola. Mouse ini memiliki sebuh Diode LED (Light Emitting) dan sebuah fotodetektor pada bagian bawahnya. Mouse Optik ini digunakan diatas bantalan plastik khusus yang memuat titik rektangular dari garis-garis yang berspasi rapat. Ketika mouse digerakkan diatas titik, Fotokondektor merasakan perlintasan-perlintasan garis dengan melihat perubahan-perubahan dalam jumlah sinar yang dipantulkan kembali ke LED.
 Mouse Ketiga adalah Optomekanise, mouse ini mempunyai roda berputar yang memutar kedua gagang yang dipasang dengan sudut 900 satu sama lainnya.Gagang tersebut dihubungkan dengan yang memiliki bilah dimana melaluinya sinar dapat lewat. Ketika Mouse bergerak, shaft berputar, dan pulsa-pulsa sinar menerpa detektor bilamana suatu bilah muncul diantara LED dan detektornya. jumlah pulsa yang terdeteksi sama dengan jumlah gerakan. 
 Fungsi Mouse;
a.       Menggerakkan/menempatkan pointer
b.       Memberikan perintah-perintah pada komputer
c.        Mempermudah dalam memberikan persetujuan
d.       Mempermudah dalam memilih pilihan (option)
3.       Joystick
Pengguna game akan amat membutuhkan perangkat ini, karena akan memudahkan mereka melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh penggunaan keyboard dan mouse. Terdapat banyak Jenis joystick yang dapat digunakan pada pada komputer, termasuk dengan jenis khusus yang digunakan untuk game balap yang dilengkapi dengan roda kemudi dan pedal.
 4.       Mic
Pengguna multimedia juga akan dimanjakan dengan fasilitas input ini, karena dengan tersedianya microphone yang terintegrasi dengan sistem komputer dapat mempermudah mereka untuk memberikan beberapa sentuhan efek bagi musik maupun audio.
 5.       Web Cam
Adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengambil gambar dan menampilkannya dalam komputer, gambar dalam hal ini gambar bergerak. Gambar yang masuk di dalam komputer bisa diolah dan disimpan untuk kemudian ditampilkan kembali.
 6.       Kamera Digital
Perangkat yang satu ini sangat dikenal oleh masyarakat umum, kamera juga termasuk media input berupa gambar diam. Dengan media input ini kita dapat mengambil dan mengolah foto.
 7.       Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin hasil scanner dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Terdapat juga scanner untuk mendeteksi LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B.
 8.        Digitizer
 Piranti masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepatdan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke layar komputer. Digitizer banyak digunakan pada PDA .
 9.       Track ball
Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini miripmouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.  
 B.      Proses Device (Alat Proses)
Yakni alat pengolah dan pemroses data. Pada bagian inilah seluruh data yang diberikan oleh Input Device diolah dan diteruskan kepada Output Device. Seluruh kerja komputer amat bergantung pada komponen-komponen pada bagian ini.
 1.        CPU ( Central Processing Unit)
Merupakan otak dari komputer, sering disebut Microprocessor. CPU merupakan perangkat keras komputer yang merupakan informasi dan melaksanakan intruksi (perintah) data yang digunakan dalam komputer. Di dalam dunia dikenal dengan nama Pentium 1, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan lain-lain.
 Ada dua bagian utama CPU yaitu  :
a.       ALU (Aritmathic Logical Unit) berfungsi untuk melakukan semua perhitungan Aritmathic dan Logika.
b.       CU (Control Unit) berfungsi sebagai proses kerja computer, baik proses kerja di dalam CPU sendiri atau di dalamnya berhubungan dengan input dan output device. Merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
 2.       Fungsi dan Tugas CPU
 Fungsi dari CPU
a.       Memasukkan dan mengambil data
b.       Melaksanakan Instruksi-instruksi secara berurutan
c.        Sebagai penghubung antara main storage dan input/output device
Tugas CPU

a.       Merupakan otak komputer
b.       Melakukan operasi logika
c.        Melakukan operasi aritmathic
d.       Mengontrol kerja sistem

3.       Komponen-komponen  CPU antara lain;
a.       Casing
Casing merupakan bagian yang terlihat dari luar CPU. Casing adalah tempat kita meletakkan semua hardware.
b.       Motherboard
Motherboard biasa disebut mainboard, papan induk atau papan ibu adalah komponen terbesar yang terdapat dalam sebuah Process Device. Fungsi motherboard adalah tempat utama untuk memasang peripheral, misal; processor, memori, sound card dan VGA Card.
c.        Processor
Processor merupakan otak komputer. Processor berfungsi untuk memproses semua data  yang masuk ke komputer.
d.       Memori
1)         RAM merupakan memori yang bersifat sementara waktu saja. Apabila komputer dimatikan maka data akan hilang.

2)       ROM merupakan bagian dari main memory yang hanya dapat membaca data saja (read only). ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.
e.        VGA Card
Berfungsi untuk menghubungkan dan mengolah output berupa data ke monitor agar dapat ditampilkan oleh monitor. Semakin bagus kualitas VGA maka gambar yang ditampilkan di monitor akan semakin bagus pula.
 f.         Sound Card
berfungsi untuk memproses output berupa suara dan musik yang kemudian diteruskan kepada speaker.
 g.        Power Supply
Power Supply adalah untuk mengatur dan mengantar listrik ke komponen –komponen penting di komputer. Power supply bertugas menjaga aliran listrik agar tetap stabil.
 h.        USB Port
Adalah singkatan dari Universal Serial Bus, merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita menghubungkan alat-alat eksternal dengan komputer.
 C.      Output Device (Alat Output)
Adalah peralatan keluaran hasil dari proses data. Perangkat keras komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi hasil pengolahan/pemrosesan data kepada pengguna komputer melalui perangkat keluaran seperti :
 1.        Monitor
Monitor merupakan perangkat output yang menghasilkan informasi berupa tampilan gambar. Beberapa Jenis Monitor, diantaranya :
a.       Monitor Monocrome (warna monitor hanya satu warna bisa orange, hijau maupun putih).
b.       Monitor CGA (Color Graphic Adapter), yang memiliki 4 sampai 16 warna.
c.        Monitor EGA (Enchanced Graphics Adapter), yang memiliki 16 sampai 64 warna.
d.       Monitor VGA (Video Graphics Array), memiliki lebih dari 256 warna.
 Selain jenis monitor di atas ada juga LCD (Liguid Crystal Display), layarnya terbuat dari sel-sel crystal liquid sehingga ringan dan tipis.
 2.       Printer
Peralatan keluaran yang menghasilkan data berupa hasil cetakan dengan kertas sebagai medianya. Cetakan hasil pengolahan dapat berupa naskah teks, gambar, table dan grafik dengan berbagai pilihan warna sesuai keinginan kita.
Berdasarkan cara kerjanya jenis printer dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu;
a.      Impact Printer
Jenis printer yang dalamnya menghasilkan suatu huruf atau gambar memakai ketukan secara fisik/halus.
Impact Printer dibagi menjadi dua macam, yaitu;
1)         Dot matrix adalah printer yang cetaknya berupa kumpulan titik-titik kecil (persegi) yang membentuk karakter.
2)       Daisy wheel adalah printer yang cetakan hurufnya menyerupai mesin ketik
 b.      Non Impact Printer
Merupakan jenis printer yang didalamnya menghasilkan suatu huruf, gambar tidak menggunakan ketukan secara fisik, tetapi dengan menggunakan tinta/toner.
 Non Impact Printer dibagi menjadi dua macam, yaitu;
1)         Printer ink jet adalah printer yang mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada kertas.
2)       Printer laser adalah printer yang menggunakan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan. Printer laser bisa mencetak semua halaman dengan cepat.
 3.       Plotter
Adalah media output yang mencetak dalam ukuran yang sangat besar, biasanya menggunakan media plastik dan kertas. Hasil cetakan biasanya digunakan untuk baliho, poster, spanduk.
 4.       Speaker
Speaker adalah alat keluaran yang dapat menghasilkan atau menampilkan gelombang suara. Speaker dapat berfungsi baik karena adanya soundcard (kartu suara) dalam CPU komputer.







A. MEDIA PENYIMPANAN
Berikut saya paparkan sedikit tentang Media penyimpanan:
v  Magnetic
Magnetic Tape
Sequential Access Storage Device (SASD)
Makin jarang digunakan, tapi masih ada dipakai untuk backup.
Magnetic Disk
Floppy disk (diskette)
Media yang digunakan pada peralatan penyimpan magnetik dilapisi dengan logam oksida, oksida ini adalah material feromagnetik, yang berarti jika ini dibiarkan pada bidang yang mengandung magnet secara permanen akan menjadi magnet

Hard Disk : Penggeraknya menggunakan motor untuk memutar media pada kecepatan tinggi, dan pengaksesan informasi menggunakan alat kecil yang dinamakan head
Karakteristik fisik :
•          Bisa terdiri dari sebuah piringan disk floppy disk
•          Bisa terdiri dari kumpulan beberapa piringan harddisk
•          Dapat diakses secara langsung/ direct
•          Akses dilaksanakan oleh R/W Head yang tersedia pada masing-masing permukaan piringan
•          Permukaan setiap piringan dibagi “menjadi track” yang merupakan lingkaran konsentris/ sepusat
•          Permukaan tiap cakram terbuat dari bahan besi yang mudah dimagneti
•          Setiap track dibagi menjadi sektor-sektor/ blok.
•          Sektor/ blok merupakan unit penyimpanan yang dapat dialamati
•          No track yang sama di setiap permukaan piringan apabila “dihubungkan” secara virtual akan membagi apa yang dikenal sebagai “silinder
v  Optical Disk
Three basic types of optical discs CD-ROM, CD-R and erasable optical discs, or CD-RW.
v  (Removable) Solid-state Storage Device

BAB III
PENUTUP


Piranti adalah peripheral atau perangkat . Piranti I/O adalah piranti(perangkat) yang memiliki tugas meminta input(masukan) dan menghasilkan data (output). I/O mempunyai fungsi atau peranan sebagai perantara/penghubung/penerjemah antara user (dunia luar) dengan microprocessor. Computer teridiri dari 4 komponen penunjang utama yaitu perangkat masukan (input device), perangkat pemrosesan (CPU), perangkat penyimpanan (storage device), dan perangkat keluaran (output device).

Demikian sedikit paparan tentang Hardware Komputer semoga bermanfaat.


DAFTAR PUSTAKA

1.         http://jazilun.niam.students-blog.undip.ac.id/2012/05//perangkat-keras-untuk-output-kartu-suara-kartu-video-monitor-speaker-dan-printer
http://www.freewebs.com/smpkstellamaris/GAMBAR%20PERANGKAT%20KERAS.
2.         (Brian K.Williams  dan Stacey C. Sawyer,Using Information Technology/Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi,2007)
3.        http://blog.uad.ac.id/kartikaf/files/2012/05/e-i-plotter.ppt.

7.        ( http://id.m.wikipedia.org/wiki/Informasi )
9.       ( blog.re.or.id/definisi-informasi-2)

9 komentar:

  1. makasih yaa ?
    sanagt membantu skali ;)

    BalasHapus
  2. makasih yah .
    akhirnya sangat membantu sekali tugas aku.

    BalasHapus
  3. makasih makalahnya membantu banget buat aku

    BalasHapus
  4. makasih makalahnya membantu banget buat aku

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. SUATU MAKALAH ADALAH SUATU INFORMASIH YANG SEBABAGAI BAHAN REFERENSI DALAM SETIAP KEHIDUPAN PADA MANUSIA/https://manirmuribomukia@gmail.com

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus